Tetap Aman Ketika Kerja dari Rumah pada Saat Wabah Covid-19

Keamanan Kerja dari Rumah

Sesuai dengan imbauan pemerintah untuk ikut serta memutus rantai penyebaran Coronavirus Covid-19 dengan cara meminimalkan kontak dengan keramaian, beberapa perusahaan sudah melakukan kerja dari rumah atau work from home bagi karyawannya.

Pemerintah melalui Badan Siber dan Sandi Negara telah mengeluarkan panduan keamanan bagi para pekerja, staf agar tetap aman ketika harus #bekerjadarirumah.

Hal apa saja yang harus kamu perhatikan ketika harus kerja dari rumah? Yuk simak bahasannya di bawah ini.

1. Pastikan Kemanan Jaringan Internet Rumah

Lakukan pengecekan terhadap router maupun wireless access point yang kamu gunakan. Jangan gunakan kata kunci default atau bawaan pabrik. Ubah dengan kata kunci yang unik, mudah diingat tapi sulit ditebak orang lain.

Agar lebih aman, untuk jaringan nirkabel gunakan protokol keamanan WPA2-PSK. Hindari menggunakan wifi publik pada saat melakukan akses sitem kantor.

Jika diperlukan lakukan penggantian kata kunci secara berkala. Misal tiga hari atau paling lama seminggu sekali.

2. Perbarui Software yang Digunakan

Yang dimaksud software disini adalah sitem operasi dan semua aplikasi yang digunakan untuk kepentingan kerja. Pembaruan dari developer atau pengembang dilakukan untuk menutup celah keamanan dari aplikasi yang kamu gunakan.

Aktifkan juga fitur automatic update atau pembaruan otomatis supaya aplikasi kamu yang digunakan tidak tertinggal jika ada pembaruan dari pengembang.

3. Gunakan Kata Kunci yang Kuat

Jangan sekali-kali menggunakan compromise password. Kata kunci yang mudah ditebak orang lain. Misalnya gabungan tanggal, bulan dan tahun lahir. Tapi gunakanlah kata kunci yang benar-benar kuat. 

Biasanya gabungan dari huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter khusus. Minimal terdiri dari tujuh karakter.

4. Gunakan VPN

Jika kamu harus mengakses berkas-berkas penting yang ada di server kantor, maka diperlukan koneksi yang benar-benar aman. Untuk solusinya bisa menggunakan Virtual Private Network (VPN).

Dengan menggunakan VPN maka koneksi dari rumah ke kantor akan dienkripsi. Tentunya akan menambah keamanan dan memperkecil resiko pencurian data.

Tips untuk bekerja dari rumah dengan menggunakan VPN.
  • Gunakan otentikasi multi-level;
  • Perbarui sitem operasi yang digunakan;
  • Pilih dan gunakan layanan jasa penyedia internet (ISP) yang terpercaya;
  • Lakukan monitoring terhadap bandwidth VPN;
  • Blokir akses IP address yang mencurigakan.

5. Batasi Hak Akses Pengguna

Jika sudah berkeluarga, pada saat bekerja dari rumah biasanya ada dua jenis pengguna. Kamu sebagai pengguna utama, istri dan anak-anak sebagai pengguna tambahan (tamu).

Pisahkan device atau perangkat untuk kerja dengan perangkat untuk kegiatan sehari-hari di rumah. Misalnya jangan sampai anak-anak ikut menggunakan laptop atau PC pada saat kamu bekerja.

Jika terpaksa harus memakai perangkat yang sama, buatlah akun untuk masing-masing pengguna.

6. Pertimbangkan Penyimpanan Data Secara Online

Agar lebih aman pertimbangkan penyimpanan dan backup data menggunakan teknologi komputasi awan (cloud). Untuk perusahaan kecil dan menengah (UKM), pengggunaan cloud gratis dan menengah sudah cukup. Misalnya google drive, dropbox, mega dan one drive.

Untuk perusahaan besar, biasanya dapat menerapkan Enterprise Mobility Management (EMM) yang dilengkapi dengan Mobile Device Management (MDM) untuk melindungi perusahaan dari akses perangkat seluler yang tidak berizin.

7. Waspada terhadap serangan Phising dan Sejenisnya

Phishing adalah suatu kegiatan untuk memperoleh informasi pribadi seseorang secara ilegal. Informasi yang dicari berupa username, password, PIN serta nomor kartu kredit.

Penipuan phising ini biasanya dilancarkan melalui email. Korban penipuan akan dikirim email yang seolah-olah berasal dari perusahaan resmi. Selanjutnya korban akan dipancing untuk mengisi data sensitif seperti password, PIN serta informasi penting lainnya.

Beberapa hal berikut bisa kamu lakukan untuk mencegah phising.
  • Periksa alamat URL website yang anda kunjungi;
  • Jangan pernah memberikan informasi sensitif kepada orang lain;
  • Hindari membuka dan membalas email yang bukan berasal dari email resmi. Biasanya ada embel-embel hadiah, diskon atau sejenisnya;
  • Jangan terkecoh oleh SMS maupun telepon mengenai undian berhadiah.